facebookgoogle plusRSS feedemail

Ngidol JKT48 ? Apa yang salah ?



Selamat pagi , selamat siang , selamat sore , salam sejahtera untuk kita semuaaaa

Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu nama saya Nur Muhammad Rizky seorang siswa kelas 2 jurusan TKJ di SMK Negeri 5 Jember, umur saya 16 Tahun saya tinggal di Jember Kota tepatnya di Kebonsari hehehe :v kerjaan saya sehari - hari yah mengikuti kegiatan Ekstra di sekolah seperti English Club serta  Ta'mir tak lupa kegiatan di luar sekolah mengikuti Pencak Silat serta Badminton untuk tambah2 kegiatan non- akademik ..

 sedangkan kalo dirumah yah didepan Komputer Utek2 Coding , Desain ini itu tak lupa menjadi blogger lah Cukup padet untuk seorang pelajar ... Demikian deh perkenalan saya ntar kalo kebanyakan di kira curhat lagii hihi 

***
Okee dalam tulisan ini saya akan menceritakan pengalaman idoling serta apa sih yang bikin aura positif idoling itu merasuk dalam jiwa kita , cerita yang saya sampaikan ini adalah FAKTA ! dari beberapa pengalaman pelajar yang ngidol JKT48

> Pertama Tau JKT48 ?
Awalnya saya tau dari satu teman yah sebut saja nama nya Robby , dia menjejeli saya dari sebuah lagu JKT48 , sebenarnya untuk perkembangan dunia idoling pikiranku masih kosong pada saat belum mengenal dunia peridolan awalnya saya suka dengan LinkinPark yahh entah apa yang merasuk si Robby nih njejeli Kupingku pakai headset dan di setel lah lagu JKT48 , "Iki cak krungukno lagune wuenak" (Ini bang dengerkan lagunya enak) awalnya belum tertarik sama nih lagu dan kutanyakan ke temenku "awakmu ndue videoklip'e gak ?"(Kamu punya video Klipnya enggak?) , "Belum Punya ucapnya" dan beeh sayapun ga tertarik dan beberapa hari kemudian ada salah satu televisi swasta yang menayangkan pemilihan member gen 1 sampai launching album Heavy Rotation disitulah rasa ketertarikan ku muncul rasa apa yang merasuki jiwaku ? rasanya jiwa semangatku muncul aku sadar hidupku harus dilindungi jiwa positif prinsip maju dan harus punya prinsip menang jika mengikuti lomba di sana - sini

> Awal ngefans JKT48
"Idiih kamu ngefans JKT48 ? Suka liat paha2nya kan ya"
"Duh senenganmu JKT48 , iya cewek2 cantik kan wajar"
"JKT Jomblo Kena Tipu", "JKT Jomblo Kandas Tertindas", "Haha river ! River!"
Ucap beberapa teman saya menurut mereka agak aneh memang jika seorang laki - laki nge fans dengan cewek - cewek cantik tapi beda dengan pikiranku yang mendasar sampai saat ini ketika kalian berkata seperti itu aku hanya berucap dalam hatiku

"Kalian berkata seperti itu karna kalian belum mengerti sepenuhnya JKT48"

"Kalian belum pernah tahu rasanya berusaha keras tumbuh dari hal yang semula kecil menjadi besar dan dikenal banyak orang itu impianku , impian yang sampai saat ini terpendam di jiwaku"

Sebuah jawaban dari hati kecilku namun cukup mengena untuk tekad saya ngeFans dengan JKT48 dalam jangka waktu yang lama dan jangan malu , akui ragamu kaloo  nge Fans dengan JKT48 itu NORMAL ! Orang gede aja masih bisa suka Doraemon ! semua orang terserah mengikuti kemaunnya toh dibalik kemauan ada tujuan yang pasti dan bisa membangkitkan mereka ke arah yang positif
> Tekadku menjadi Fans JKT48 
 Saya langsung bergerak mencari informasi di hp internet langsung dengan keyword "JKT48", "Fakta dibalik member JKT48" mencari informasi di berbagai blogspot memang mereka tergolong unik mereka menamakan diri dengan  IdolGroup sebuah sebutan yang tergolong baru di perindustrian musik indonesia beda dengan yang mengikuti style khas negara asia lainnya seperti Girlband Sekarang saatnya saya mendengarkan lagu mereka.

Dan lagu yang pertama kali mampu mengubah pandangan saya ke JKt 48 adalah yang berjudul “River”. Lagunya enak, bahkan lagu ini mampu memberi suntikan semangat. Di sinilah awal pola pikir saya tentang mereka bertambah kuat. Benar apa yang ada di dibenakku “mereka berkata seperti itu karena mereka belum mengerti sepenuhnya tentang JK48”. Lalu saya berkata lagi di dalam hati “baik, mulai saat ini, saya adalah fans nya JKT”.

> Pengalaman ketika ngidol JKT48

 Setelah resmi mengukuhkan diri menjadi fans JKT48 saya mulai mengikuti tentang perkembangan mereka. Dalam hal ini saya melakukannya di facebook saja. Karna memang di sana banyak halaman-halaman yang memuat tentang berita-berita ter-update tentang JKT48. Hingga pada suatu hari tersiar kabar bahwa JKT48 akan megadakan konser dan konser tersebut akan ditayangkan ditelevisi. “Perkenalkan, Nama Kami JKT48”, ya itulah tajuk dari konser tersebut.  Wah, saya senang sekali . langsung atur Alarm HP biar ga kelupaan nonton hehehe  

 Akhirnya darisinilah saya tau beberapa seluk beluk JKT48 dimulai Theater , lalu bisa melihat member - member di hari - hari tertentu dan di moment ini akhirnya saya tahu beberapa sifat member yang ternyata pekerja keras periang dan professional. Bagaimana tidak, ada banyak member yang masih usia sekolah namun mampu membagi waktunya dengan baik, mampu mengeksporasikan bakat mereka dengan maksimal di JKT48. Tentunya dengan usaha keras. Tidak hanya cantik ternyata. Sebuah hal yang makin menambah kekuatan ngidol saya pada mereka. Singkat cerita, konser pun selesai. Saya takjub pada perform mereka, kompak dan sangat memukau. Namun beberapa hal yang sangat ingin saya ketahui lebih dalam. Antara lain tentang theater dan apa itu Oshi ?

 - THEATER
Ini adalah Markasnya JKT48 , di sinilah mereka memulai kegiatan dengan latihan yang tak kenal lelah, penjualan CD/Swag nah yang membuatnku kecewa sampai sekarang , saya belum bisa kesana karena keterbatasan biaya maklum pelajar belum bisa nghasilin uang sendiri T_T tempat tinggal ku di Jember sedangkan untuk ke Jakarta uang minim bisa kesana 750Rb++ tapi ya sudahlah namanya ngidol ga harus selalu ke theater kan ? Tetep ngedukung mereka dari jauh ngedukung sepenuh hati dan jadi fans yang kreatif buat mereka Good JOB !

- OSHI
 Perlahan - lahan saya mengetahui arti ini yah inilah sebutan member yang kita dukung oke Pasti dibuat bingung semua member cantik , mereka dibekali dengan bakat yang menarik dan bisa membuat kita nelen ludah -_- namun hati ini tertuju padaaa.....
Shania Junianatha (Shanju) (Tanju)
 yahh si miss smilling eyes dia Oshi saya mulai sekarang , diantara fans pasti punya terselubung sendiri kalau punya Oshi .. mm kalo saya sendiri saya takjub dengan penampilan Public Speaking dia, dia cakap , pandai berbicara hal itulah yang membuatku jadi patokan untuk bisa mengejar ketertinggalan serta menutupi kekuranganku .. bahkan menurutku di sekolahku ada yang mirip ciri khasnya dengan Shanju Tersebut , dia pinter public Speaking selalu pasang wajah ceria ohh tuhan sebut saja nama panggilan dengan inisialnya "P" ohh men naksir sih naksir tapi saya tahu saya siapa.. mungkin suatu nanti bakal ngedapetin beberapa pecahan hati dia :D tunggu aku gadis impianku :)

Oke , kembali pada hari-hari selanjutnya. Sebenarnya sih saya masih kurang pede untuk mempublikasikan bahwa saya sekarang adalah fansnya JKT48. Tapi beberapa temen saya tahu kalo saya ngefans JKT48 bahkan seketika di ruang jurusan saat praktik saya iseng2 buka tuhh Foto2 Member JKT48 , Sontak anak anak sebelahku kaget dan ...
"Ciee yang udah mulai normal"
"Ohh sekarang sudah jadi fans JKT48?"
"Jangkriik ! Mekanis nge fans JKT48 ! Oi Oi Oi Oi !"
"Hahahah" *saya hanya bisa tertawa. Mungkin inilah kelebihan dari JKT48, walaupun dikenal sangar tapi senyum mereka, kerja keras dan pantang menyerah mereka mampu meluluhkan hati kecil saya

beberapa teman menanyai dan paling lemes banget ketika ngobrolin tentang "Pacaran" nah 
"JKT48 Tok ae mbok yo golek pacar ngunu haha Jones ya om" (JKT48 terus cari pacar aja kenapa haha Jones ya om)
Jlebb ! Skak mat ! hujatannya keras banget nusuk T_T mulai saat putus mantan ke 2 saya belum ada niatan ndeketin cewek sekalipun , paling - paling deket cewek deeekeet terus tinggalin (PHP Detected) karena ga bisa nyeimbangin apa kebutuhanku sekarang ! inget cowok itu butuh disemangatin ! ga cuman minta di apelin keluar kesana situ pikiranku pusing apalagi jadi salah satu siswa yang aktif di sekolah pasti ingin cewek yang mengerti keadaan kan iya kan ? 

Berhari - hari saya mendengarkan lagu lagu JKT48 terutama Shonichi - Futari No Jitensha dengerin lewat HP lalu tancap earphone , kedua lagu ini cukup membangkitkan emosionalku . dan sayapun membuka browsing HP mencari info - info JKT48 dan Dapet info lebih lengkap tentang event-event yang sering diadakan di theater. Di sana ada event h-touch dan handshake. Sebuah event yang bisa mendekatkan lebih dekat dengan idol.

Astaga, informasi ini malah menambah rasa sedih saya. Ingin rasanya bertatap muka langsung dengan sang idol walau hanya 10 detik. Tapi, apa boleh dikata, keadaan yang tak memungkingkan. Jiwa kembali terguncang, sedih kembali melanda, hati menangis. Belum juga masalah temen tadi kelar, sudah datang satu hal lagi yang membuat sedih. Bahkan lirik lagu penyemangat dari Shonichi dan Futari No Jitensha dan pun tak bisa berbuat banyak menyemangatiku

musik mati :3, ku coba kembali mencari info. Berharap ada secercah cahaya yang bisa mengobati rasa sedih. Binggo Binggo Akhirnya kita berjumpa lagi! saya baru tau tentang Golden Rules. Point nomor satu yang paling penting Member dilarang mempunyai hubungan khusus. Sepp alhamdulilah, ternyata mereka satu nasib dengan saya. Walaupun dalam konsep dan situasi yang berbeda, setidaknya ada yang memiliki kesamaan rasa dengan saya. Dan mereka adalah idol grup saya sendiri.

Dan khusus Oshi saya Shania , berdasarkan info yang saya dapat bahwa Shania ini sebelum masuk JKT48 memang belum pernah punya hubungan khusus dengan orang lain. dan dia dulu juga pernah main jadi Host di salah satu TV Swasta Mudah-mudahan bukan hoax Nju kamu semangatku ! :)


Masih mencari, mencari, dan mencari. Akhirnya dapat juga. Baru-baru ini menyeruak kabar bahwa fans JKT48 sekarang kedewasaannya sudah berkurang. Suka merusak fasilitas, tidak tertib, menyebut chant- chant aneh dan cenderung anarkis. Kecewa sekali dengan hal ini. Kenapa kalian yang bisa melihat langsung idol kalian malah tidak bisa menunjukkan sikap ngidol yang sesungguhnya? tunjukin dong kalo kalian punya rasa ngidol junjung tinggi idola kalian


Lalu bagaimana jika kalian berada di posisi kami (fans layar kaca)? Kalian bisa membeli CD langsung dari member sementara kami hanya men-download mencari yang asli. Kalian bisa membeli photo pack sementara kami hanya bisa melihat pict oshi kami lewat akun pribadi mereka. Kalian bisa handshake dengan mereka sementara kami melihat secara langsung saja tidak bisa. Kalian bisa nge-live setiap perform dari mereka sementara kami hanya bisa melihat lewat layar kaca.

Sebegitupun kalian tidak bisa melakukan hal-hal yang barangkali bisa membuat idol kalian bangga. Miris, miris banget sekali. Di sini saya mendapatkan jawaban dari masalah saya. Bahwa ngidol itu tidak melulu bisa melihat mereka secara langsung, ataupun membeli SWAG mereka. Tapi lebih dari itu! Selalu men-support mereka pada saat mendapat masalah, berusaha menjaga nama baik mereka, melawan para haters yang bertebaran mungkin lebih bisa dijadikan acuan seseorang itu pengidol sejati apa tidak.


 Fix, saya merasa bangga menjadi fans layar kaca. Fans yang ber-wotagei hanya dibalik layar kaca, fans yang nge-live hanya di depan TV. Tapi memiliki spirit ngidol yang gak kalah sama mereka. Walapun rasa ingin melihat mereka secara langsung pasti ada. Namun, seorang pengidol/fans sejati pasti akan menjadikan ini sebagai motivasi untuk sukses dan punya bekal uang serta prestasi yang cukup untuk mencapai hal tersebut. Atau bahkan punya keinginan untuk meminang oshi nya. Hahahahaha .. apapun itu jadikan sebagai sebuah spirit

Demikian cerita-cerita yang dapat saya sampaikan selama menjadi fans/ngidolin JKT48 untuk beberapa arti prinsip hidup saya

  1. Jangan berlebihan! Berlebihan itu mendekati fanatisme dan anarkisme.
  2. Jangan malu kalo gk pernah nge-live, yang mesti malu itu mereka yang mengaku ngidol tapi malah lebih mirip hater.
  3. Contoh segala sesuatu yang baik dari idol kita, seperti kerja keras dsb.
  4. Selalu mencintai idol walaupun orang berkata keburukan sang idol. Karena memang no body perfect.
  5. Prinsip ngidol saya "Jadilah fans yang kreatif bisa meniru sikap positif dari Oshinya"
  6. Sekeras apapun hujatan yang kita terima, maka Kita harus lebih kuat dibanding hujatan yang datang tersebut.
 Demikian cerita-cerita yang dapat saya ceritakan , inilah pengalaman ngidol JKT48 :)

0 komentar:

Post a Comment

Mohon kritik dan sarannya ..
Kritik dari anda sangat berguna untuk perkembangan blog ini ...

 
Buff